Membuat script ubah file / folder linux

Pada kali ini , saya akan nulis mengenai sebuah script yang saya gunakan untuk mengubah sebuah folder atau file di linux. Kebetulan dipekerjaan ada kebutuhan dimana saya harus melakukan perubahan permission dan owner dari sebuah folder dimana jumlah folder itu ada ratusan dan user sudah menanyakan terus akhirnya daripada manual saya memutuskan untuk membuat sebuah script berikut scriptnya :

#bin/bash

find /home/roy -name tes -exec chmod 775 {} \;

misal script itu saya simpan sebagai tes.sh setelah lakukan chmod +x tes.sh maka jalankan perintah :

#sh tes.sh

script tersebut akan mencari file dengan nama tes dan akan mengubah permission dari file/folder itu menjadi 775.

Terimakasih.

Leave a Reply

